Pengawasan Pengembangan TAHURA Prov. Banten


Komisi II DPRD Provinsi Banten melaksanakan kunjungan lapangan ke TAHURA Provinsi Banten dalam rangka pengawasan terhadap pengambangan Taman Hutan Raya.

Pengoperasian Taman Hutan Raya (Tahura) Provinsi Banten ditanah seluas 1.580 hektare di sekitar Pantai Carita, Pandeglang merupakan kawasan pelestarian alam untuk tujuan koleksi tumbuhan yang dimanfaatkan bagi kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budaya, pariwisata, dan rekreasi.

Dipilihnya kawasan Tahura di Kawasan Hutan Carita Kabupaten Pandeglang dinilai sangat cocok karena memiliki kekhasan ekosistem alami maupun buatan, ekosistem pantai, hutan pegunungan, serta memiliki aksesbilitas dalam rangka pengembangan wisata alam berbasis hutan.

Komisi II berharap keberadaan Tahura Banten dapat bermanfaat bagi kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, budaya, pariwisata dan rekreasi. Bahkan, untuk menunjang keberadaan Tahura tersebut, Pemprov Banten telah membentuk kelembagaan baru yakni UPTD Balai Tahura.

Kepala UPTD Balai Taman Hutan Raya Taman Hutan Raya (Tahura) Banten Agus Laksono mengatakan, taman hutan raya yang berada di sekitar Pantai Carita Pandeglang tersebut nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas jogging track, camping ground, dan merupakan ekowisata atau wisata alam. Paling utamanya untuk melestarikan keanekaragaman hayati, segala macam pohon yang ada di Banten akan ditanam. Selain tumbuhan juga ada hewan-hewan tertentu yang dilepas di alam liar. (HUMAS)


Twitter


Facebook